Laman

Senin, 04 Juni 2012


MSDM secara Singkat..

Fungsi dan Peranan Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM)
v  Manajemen Sumber Daya Manusia Yaitu:
·         Manusia yang bekerja dilingkungan suatu organisasi (disebut juga personalia, tenaga kerja, pekerja atau karyawan).
·         Manusia sebagai penggerak organisasi dalam mewujudkan ekstensinya.

Manajemen Sumber Daya Manusia juga memiliki Fungsi-fungsi seperti :

A.Staffng/Employmcnt Fungsi ini terdiri dari tiga aktivitas penting, yaitu perencanaan, penarikan, dan seleksi sumber daya manusia.
Dalam proses seleksi, departemen sumber daya manusia melakukan penyaringan melalui wawancara, tes, dan menyelidiki latar belakang pelamar
B.Performance Evaluation yaitu Para manajer menanggung tanggung jawab utama untuk mengevaluasi bawahannya dan departemen sumber daya manusia bertanggung jawab untuk mengembangkan bentuk penilaian kinerja yang efektif dan memastikan bahwa penilaian kinerja tersebut dilakukan oleh seluruh bagian perusahaan.
C. Compensation yaitu Para manajer bertanggung jawab dalam hal kenaikan gaji, sedangkan departemen sumber daya manusia bertanggung jawab untuk mengembangkan struktur gaji yang baik. Sistem kompensasi yang memerlukan keseimbangan antara pembayaran dan manfaat yang diberikan kepada tenaga kerja. Pembayaran meliputi gaji, bonus, insentif, dan pembagian keuntungan yang diterima oleh karyawan.

D.Safety and Health yaitu Departemen sumber daya manusia mempunyai tanggung jawab utama untuk mengadakan pelatihan tentang keselamatan kerja, mengidentifikasi dan memperbaiki kondisi yang membahayakan tenaga kerja, dan melaporkan adanya kecelakaan kerja

v  Peran Departemen Sumber Daya Manusia
Menurut Cherrington peranan departemen sumber daya manusia terdiri dari :
a.   Advisory/Counseling Role
 Bertugas mengumpulkan informasi, menentukan pennasalahan, menentukan solusi atas masalah tersebut, dan memberikan bantuan serta panduan dalam memecahkan permasalahan sumber daya manusia yang dihadapi oleh perusahaan.
b.   Service Role
Dalam peran ini departemen sumber daya manusia melakukan aktivitas yang memberikan pelayanan secara langung kepada pihak manajer.
c.    Control Role
Dalam melaksanakan peran ini, departemen sumber daya manusia bertugas untuk mengendalikan fungsi manajemen sumber daya manusia dalam perusahaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar